Faktor Risiko Sakit Jantung

Faktor risiko sakit jantung salah satunya adalah kadar kolesterol. Mencegah adalah tindakan yang lebih baik daripada mengobati. pencegahan untuk penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung adalah dengan mengendalikan faktor-fator risikonya.

faktor risiko sakit jantung

faktor risiko sakit jantung

Berikut ini beberapa faktor-faktor risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung atau faktor risiko sakit jantung:

1. Kadar kolesterol tinggi

Kadar lemak koleserol dalam darah harus dikendalikan. Karena kolesterol menjadi salah satu penyebab sakit jantung. Kolesterol tinggi memicu pembentukan plak di pembuluh darah yang mengganggu pasokan darah normal untuk tubuh. Terutama dengan pengaturan diet menurut pola makan sehat. Sangat dianjurkan tidak banyak makan makanan yang mengandung lemak dan kalori berlebihan. Di samping itu dianjurkan untuk memiliki makanan yang mengandung banyak serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Kadang-kadang perlu juga mengkonsumsi obat penurun kadar lemah darah yang sesuai dengan anjuran.

2. Kebiasaan merokok

Untuk anda yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya anda menghilangkan kebiasaan itu sejak dini karena merokok termasuk dalam penyebab sakit jantung. Merokok merupakan faktor risiko sakit jantung.paling signifikan. Kebiasaan merokok anda dapat mempercepat proses arterosclerosis, pengerasan pada permukaan bagian dalam pembuluh darah. Asap rokok mengandung nikotin yang dapat menyebabkan kenaikan frekuensi denyut jantung dan tekanan darah. Di samping itu, asap rokok mengandung karbonmonoksida (CO) yang bisa menghambat pertukaran oksigen dalam darah dan menimbulkan kerusakan jaringan pembuluh darah yang menjadi awal dari proses arterosclerosis.

3. Tekanan darah tinggi

Musuh utama faktor risiko sakit jantung adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama yang menyebabkan ketegangan meningkat dalam dinding pembuluh darah. Keadaan ini bisa mempermudah timbulnya arterosclerosis. Selain itu, tekanan darah tinggi memberi beban bagi jantung yang mengakibatkan pembengkakan jantung. penyebab sakit jantung hipertensi atau darah tinggi ini harus segera diketahui dan dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi terhadap organ-organ lain. Ada dua pengukuran untuk tekanan darah yaitu sistolik dan diastolik. Sistolik adalah tekanan darah yang memancar dari  jantung ke seluruh tubuh. Diastolik adalah tekanan darah yang kembali mengisi jantung anda.  Tekanan darah yang termaksuk tinggi adalah jika tekanan darah berada diatas 140/90 mmHg.

4. Diabetes mellitus atau kencing manis

Penyakit diabetes mellitus sering diikuti merapuhnya jaringan pembuluh darah dan lebih cepat menimbulkan arterosclerosis pada lapisan bagian dalam pembuluh darah arteri yang menjadi faktor risiko sakit jantung. Penyakit diabetes mellitus atau kencing manis ini harus segera dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi yang lebih berbahaya lainnya, terutama dengan cara diet menurut aturan jumlah kalori. Di samping itu, dibutuhkan obat-obat anti-diabet. Perlu diingat, penderita kencing manis sering mengalami serangan jantung pada usia muda. terlebih bila kadar gula darah tidak dikontrol dengan baik. Dua pertiga penderita diabetes meninggal karena penyakit jantung dan gangguan kardiovaskuler lainnya.

5. Kegemukan atau obesitas

Kegemukan atau kelebihan berat badan berarti presentase kadar lemak tubuh lebih besar daripada berat badan normal. Bobot tubuh yang berlebihan bisa memberi beban kerja jantung, sehingga bagian faal jantung terganggu. Kegemukan merupakan faktor kelipatan risiko terkena serangan jantung koroner. Orang gemuk memiliki risiko 2-3 kali terserang penyakit jantung koroner dibandingkan dengan mereka yang normal. Mereka yang memiliki berat badan lebih dari 120% perlu diperiksa kadar insulinnya. Hal ini disebabkan insulin yang berlebihan dalam pembuluh darah dapat meningkatkan tekanan darah. Kegemukan (obesitas) meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Orang yang kegemukan juga cenderung memiliki kadar HDL rendah/LDL tinggi.

Gejala akibat faktor risiko sakit jantung

1. Kelelahan dan kepenatat. Apabila jantung anda tidak memompa dengan efektif, maka aliran darah ke otot selama melakukan aktifitas akan berkurang. Kelelahan yang diderita menyebabkan penderita penyebab sakit jantung merasa lemah dan lelah. Gejala ini sering bersifat ringan. Penderita penyakit jantung biasanya mengurangi aktifitasnya secara bertahap untuk mengurangi gejala kelelahan ini.

2. Sesak napas. Rasa sesak nafas merupakan gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung yang timbul akibat penyebab sakit jantung. Sesak nafas merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner).

3. Berkeringat. Pada umumnya seseorang berkeringat usai berolahraga, sesuai melakukan kegiatan berat atau saat cuaca diluat sedang panas. Namun jika Anda mudah berkeringat, meski tidak melakukan apapun, kemungkinan jantung Anda bermasalah dan menjadi faktor risiko sakit jantung.

4. Saki kepala adalah salah satu penyebab sakit jantung yang akan terasa sakit saat kepala anda terpapar sinar matahari langsung. Sakit kepala akan berpengaruh pada denyut jantung yang menjadi lemah atau bahkan menjadi sangat cepat.

5. Nyeri pada tubuh yang menjadi gejala yang muncul akibat faktor risiko sakit jantung. Nyeri tubuh yang dirasakan pada pria biasanya berbeda dengan wanita. Pada pria nyeri tubuh yang dirasakan biasanya dibagian lengan kiri, namun pada wanita biasanya nyeri yang dirasakan justru pada kedua lengan. Rasa nyeri yang dirasakan kadang datang dan kadang pergi yang juga dirasakan pada bagian tubuh lainnya seperti bahu, punggung diku, serta leher. Nyeri di beberapa titik bagian tubuh ini disebabkan karena terjadi penyumbatan arteri.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Sakit Jantung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *